Jumat, 10 Juni 2011

Robot Bisa Baca Simbol

Jakarta - Seiring pesatnya perkembangan teknologi robotik, kemampuan robot pun kian beragam. Dari University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat (AS), tercipta sebuah robot yang bisa membaca papan pengumuman dan simbol.

Fungsi Graspy, demikian nama robot ini, disertai juga dengan kemampuan memahami isi pengumuman dan arti simbol yang dibacanya. Para penciptanya mengklaim, inilah yang membedakan Graspy dengan robot baca lain yang sudah ada.

Dikutip detikINET dari CBS News, Senin (23/5/2011), tim dari University of Pennsylvania mengaku sukses menambahkan kemampuan baca yang lebih menyeluruh pada Graspy. Dan menurut mereka, ini adalah sebuah tantangan yang sulit ditaklukkan.

Agar robot baca bisa semakin dikembangkan, source code untuk Graspy didonasikan oleh para pembuatnya ke perpustakaan Robot Operating System, semacam kelompok penggiat open source. Dengan demikian, siapa saja bisa mengembangkannya lebih jauh lagi.

Untuk saat ini, Graspy baru bisa membaca dan memahami teks pendek dengan waktu terbatas. Mereka berharap, generasi Graspy berikutnya bisa membaca teks yang lebih panjang.

0 komentar:

 
;