Senin, 14 Juni 2010

Apple juga akan Sukses di Gadget Berlayar Besar


Engadget Jumat (28/5) melaporkan sebuah versi terbaru dari format TV milik Apple akan segera diluncurkan. Hal tersebut sebagai tindak lanjut layanan TV Apple yang memberikan kemampuan pada penggunanya untuk menonton film dan menikmati pengalaman konten multimedia lainnya di dalam televisi.

Format terbaru yang dimaksud adalah perangkat keras, termasuk sebuah boks dengan chip Apple A4 yang akan memberikan fasilitas pemutaran video 1080p, menurut laporan itu.

Perangkat itu akan dilengkapi dengan sistem operasi iPhone OS. Perangkat baru tersebut akan menyediakan tempat penyimpanan konten di komputasi awan, bukan penyimpanan tradisional.

Layanan TV Apple secara khusus dipertimbangkan akan sukses dengan internet dan konten siaran yang mulai menjadi satu. Penjualan wireless dan TV yang mendukung internet juga tengah beranjak naik dan Apple memiliki keunggulan keduanya.

Namun banyak terdapat fragmentasi dalam ruang televisi dan Apple memiliki keuntungan distribusi konten bila dibandingkan dengan pesaingnya, menurut Roger Kay, Presiden Endpoint Technologies Associates.

Elemen penyiaran dan konten internet dipastikan akan segera menjadi satu dan Apple telah mencari cara terbaik membawa dua hal tersebut ke dalam sebuah layar besar.

“Apple telah membuat uji coba baru-baru di TV dan belum terlalu baik hasilnya,” ujar Kay, sebagaimana dilansir Yahoonews. “Tetapi ini adalah pasar yang penting yang tidak seharusnya ditinggalkan oleh Apple.”

Walaupun masih belum sukses benar uji coba yang dilakukan, namun Apple bisa mendorong pengalaman lebih di pasar TV, dengan menjadi pionir. Perusahaan juga memiliki reputasi dalam menyediakan sebuah pengalaman pengguna yang baik pada perangkat semacam iPhone dan iPad.

Salah satu rival Apple mungkin saja Google yang berpartner dengan Intel, Sony dan Logitech pada pekan lalu dengan mengumumkan format Google TV, yang akan menyampurkan siaran TV dan internet dalam satu fitur antar muka.

Google akan menyediakan perangkat lunak dan layanan akan tersedia bagi beberapa TV definisi tinggi dan pemutar DVD blu-ray, sementara Intel akan menyuplai chip Atom CE4100.

“Tidak mengejutkan jika Apple mengumumkan beberapa hal seputar Apple TV dalam konferensi pengembang yang diadakan di San Fransisco pada 7 hingga 11 Juni 2010,” ujar Tim Bajarin, Presiden Creative Strategies.

“Orang berpikir Apple akan merespon Google, tetapi bisa saja sebaliknya,” imbuh Bajarin dengan menambahkan bahwa CEO Google Eric Schmidt merupakan mantan petinggi Apple di masa lalu dan paham arah teknologi yang akan dikembangkan Apple

0 komentar:

 
;