Jumat, 31 Desember 2010

Planet Facebook Terbentuk

Planet Facebook Terbentuk
JUTAAN orang di seluruh dunia telah terhubung dengan jejaring sosial Facecook. Lebih dari 200 juta orang kini telah terhubung lewat Planet Facebook.

Dari pemetaan itu Indonesia masuk dalam peringkat ketujuh dari 10 besar pengguna Facebook di seluruh dunia.

Paul Butler salah satu tim dari Facebook yang berjasa membuat peta Planet Facebook. Sebuah peta kota-kota dunia yang terkoneksi dengan Facebook. Seperti apa Planet Facebook itu? Dari pemetaan itu terlihat secara kasat mata seperti simbol-simbol rasi bintang.

Peta buatan Butler ini mirip peta geografi, sekaligus geopolitik di setiap negara. Butler menyebutkan di kawasan Asia yang tertinggi pengguna Facebook adalah Indonesia.

Hal itu terlihat dari kontur pemetaan yang dia buat, peta Facebook Indonesia mirip seekor burung. Sedangkan di Eropa, peta itu mirip kuda terbang. Dan pengguna terbesar Facebook tetap di benua Amerika.

Butler juga membidik peta pengguna Facebook di China. Negeri Tirai Bambu itu selama ini telah memproteksi masyarakatnya untuk tidak berkoneksi dengan Facebook, tetap saja jebol.

Dan nyatanya di peta, China hampir tidak tampak. Padahal penduduknya 1 miliar lebih. Namun jangan salah sangka bahwa di sana warganya juga diam-diam mengaktifkan Facebook.

Dalam laporan CNN.com, dengan menggunakan sistem server VPN, para pengguna Facebook di China bisa leluasa pasang status maupun menambah teman.

Salah seorang netizen menjelaskan, dari pantauan jaringan internet yang dikontrol pemerintah, memang tidak tampak. ''Kalau Anda melihat itu seakan-akan orang China yang ada di luar negeri. Padahal tetap di dalam negeri,'' ujar seorang pengguna Facebook di Beijing.

Animo masyarakat China memakai Facebook makin tinggi. Terlebih setelah bos Facebook Mark Zuckerberg datang ke China untuk berlibur beberapa waktu lalu. Selama di Beijing, Mark bertemun Robin Li pendiri Baidu, mesin pencari yang paling dominan di China, sekaligus pemilik web Sina.com.

0 komentar:

 
;