Rabu, 29 September 2010

Untungnya Main Video Game bagi Otak



Apa untungnya main video gameBermain video game selama berjam-jam dapat mempersiapkan anak Anda untuk menjadi seorang ahli bedah laparoskopi suatu hari nanti. Demikian temuan sebuah studi baru yang dipublikasikan Elsevier's Cortex edisi Oktober 2010.

Pria muda yang suka main video game, pada jaringan kortikal otaknya mengalami reorganisasi, dan ini memberi keuntungan tersendiri, bukan dalam memainkan game tapi juga dalam melaksanakan tugas-tugas lain yang membutuhkan keterampilan visuomotor.

Para peneliti dari Pusat Penelitian Visi di Universitas York, Kanada, membandingkan satu kelompok yang terdiri dari 13 anak muda usia dua puluhan, yang telah bermain video game minimal empat jam seminggu selama tiga tahun sebelumnya, dengan sekelompok anak muda terdiri dari 13 tanpa pengalaman. Subyek ditempatkan di dalam mesin pencitraan magnetik resonansi fungsional (fMRI) dan diminta untuk menyelesaikan serangkaian tugas visuomotor yang semakin sulit.

"Dengan menggunakan pencitraan otak resolusi tinggi (fMRI), kami dapat mengukur daerah otak yang diaktifkan pada waktu tertentu selama percobaan," kata Lauren Sergio, dosen di Fakultas Kesehatan, Universitas York. "Kami menguji bagaimana kemampuan belajar dari pengalaman video game dapat mentransfer ke tugas baru, bukan hanya melihat aktivitas otak saat subyek memainkan video game."

Studi ini menemukan bahwa selama mengerjakan tugas, para gamer yang kurang berpengalaman mengandalkan sebagian besar pada korteks parietal (bagian otak yang biasanya terlibat dalam koordinasi tangan-mata), sedangkan gamer berpengalaman menunjukkan peningkatan aktivitas pada korteks prefrontal di bagian depan otak.

Penulis utama penelitian ini, Yosua Granek, menambahkan bahwa di masa depan, akan menarik untuk meneliti perubahan pola otak yang dipengaruhi oleh jenis video game yang telah digunakan gamer dan berapa jam mereka bermain, serta meneliti gamer video wanita, yang pola otaknya berbeda dibandingkan dengan laki-laki.

0 komentar:

 
;