Jumat, 16 Maret 2012

Mencicipi Tupai Bersama Centhini

Surat Centhini menghimpun segala macam ilmu pengetahuan dan kebudayaan Jawa, agar tak punah dan tetap lestari sepanjang waktu. Salah satunya adalah dunia kuliner. Jika ingin merasakan menu-menu khas Serat Centhini, datanglah ke Waroeng Dhahar Pulosegaran. Salah satu yang layak dicoba adalah tupai goreng bumbu pedas. Daging tupai merupakan makanan tradisional zaman dulu yang berkhasiat mengenyahkan asma.

Menu lain yang jarang dijumpai di rumah makan kebanyakan adalah tongseng dan oseng-oseng burung pipit. Berhubung sosoknya yang mungil, maka seporsi disajikan lima ekor burung. Masih ada pepes tawes opak yang gurih dengan rasa pedas yang proporsional. Daging tawesnya terasa lunak banget.

Jika Anda menelisik daftar menu yang ada, maka dahi bisa saja berkernyit melihat menu-menu yang aneh. Misalnya saja wedhus gembel cemeng, rawon lele, sapi geseng, sapi condrodimuko, dan brongkos koyor. Dari barisan minuman ada es wedang belimbing wuluh, kunyit asem legi, kopi areng, wedang uwuh, rujak polo, dan es lumut. Untuk aneka makanan kecil Anda bisa mencicipi tempe mendhoan, carang gesing, tahu susur, pisang goreng gula aren, atau lumpia pitik.

Jika belum familiar dengan daerah Bantul, maka mencari rumah makan ini agak kesulitan. Terlebih tak ada papan nama yang menunjukkan nama rumah makan ini. Namun, yang perlu diingat adalah Rumah Budaya Tembi. Soalnya, waroeng dhahar ini menjadi bagian dari Rumah Budaya yang terletak sekitar 8,6 km selatan Jogja arah menuju Pantai Parangtritis.

Restoran ini tak hanya menyajikan menu yang unik. Suasana sekitar juga mendukung. Letaknya yang berada di areal persawahan membuat duduk di salah satu dari 54 kursi yang disediakan akan memberi pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi pada Sabtu dan Minggu ada pentas siteran.

Jika suasana tadi begitu membius hati Anda, tak ada salahnya tinggal lebih lama. Soalnya ada penginapan di kompleks Rumah Budaya Tembi ini. Habiskan hari dengan mengunjungi museum, galeri, atau sekadar berendam di kolam renangnya.

Saat ke Yogya di liburan akhir tahun ini sempatkanlah mencicipi daging tupai di Rumah Budaya Tembi. (idebisnis November 2011)

Waroeng Dhahar Pulosegaran
Komplek Rumah Budaya Tembi
Jln. Parangtritis Km. 8,6
Bantul, DI Yogyakarta
Buka: 10.00 - 22.00 WIB


Sumber : http://intisari-online.com/read/mencicipi-tupai-bersama-centhini

0 komentar:

 
;