Senin, 04 Oktober 2010

Buku Elektronik Pacu Minat Baca Anak

New York - Jumlah anak-anak yang menghabiskan waktu dengan membaca buku konvensional ternyata menurun. Mereka lebih banyak menonton televisi, bermain ponsel dan game.

Menurut penelitian yang dilakukan Scholastic dan Harrison Group, sebuah perusahaan riset dan pemasaran memaparkan para orang tua prihatin dengan perkembangan teknologi yang mengakibatkan turunnya kegiatan membaca buku dan semakin sempitnya waktu luang anak-anak bersama keluarga.

Hasil riset menunjukkan sekitar 40 persen orang tua meyakini waktu yang digunakan anak-anak untuk menggunakan ponsel dan game akan mengurangi waktu melakukan aktivitas fisik lainnya. Sebesar 33 persen mengatakan teknologi menjadi pemicu berkurangnya waktu interaksi anak-anak bersama orang tua dan keluarganya.

Sebaliknya, penelitian ini menunjukkan teknologi ternyata mampu mendorong anak-anak untuk membaca. Sebanyak 57 persen dari seribu anak-anak yang disurvei mengaku lebih tertarik membaca buku elektronik ketimbang buku konvensional. "Sekitar sepertiga anak-anak mengatakan apabila tersedia e-book, maka mereka akan membaca lebih banyak lagi," kata peneliti Francie Alexander.

Selain dapat digunakan untuk membaca buku, perangkat e-book, kata Alexander, juga dapat membantu anak yang baru belajar membaca.

0 komentar:

 
;